Sampai hari ini, biaya memasang iklan di radio masih yang paling murah dibandingkan dengan beriklan di televisi dan media cetak. Dengan budget yang tidak jauh berbeda, biaya untuk memasang satu spot iklan di televisi atau memasang satu iklan display di media cetak bisa digunakan untuk memasang berkali-kali penyiaran di radio.
Selain biaya yang lebih rendah, di Indonesia, terutama di daerah, radio masih bisa menjangkau lebih banyak telinga jika dibandingkan dengan televisi dan media cetak.
Kelemahannya, iklan radio tidak bisa memunculkan visualisasi dari produk yang diiklankan secara langsung. Yang bisa dilakukan adalah membangun visualisasi produk dalam theater of mind pendengar melalui penyampaian data yang deskriptif.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar iklan yang kita produksi bisa lebih efektif dalam membantu klien memperkenalkan produknya ke pendengar.
Perlu diingat, spot iklan yang kita buat harus dapat membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan. Berikan mereka sebuah kejutan, bangkitkan rasa keingintahuan pendengar. Gugahlah mereka dengan menggunakan musik, efek suara dan tentunya naskah iklan yang tepat.
Apa yang harus dilakukan agar naskah kita lebih efektif dalam menyampaikan pesan?
01. Identifikasikan brand / merk yang dipromosikan di awal iklan
02. Sebisa mungkin lakukan variasi pengulangan deskripsi brand / merk agar tidak membosankan
03. Sampaikan manfaat, keuntungan dan keistimewaan produk di awal iklan
04. Lakukan variasi pengulangan benefit produk sesering mungkin
Begitu pendengar mulai tergugah, sampaikan pesan-pesan promosi dengan cara yang personal, seperti saat kita sedang berbicara dengan rekan kita. Libatkan pendengar, buat mereka tertarik dan terhibur.
Salah satu keunikan dan kekuatan beriklan di radio adalah kemungkinan untuk melakukan pemutaran iklan sesering mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa lebih cepat diserap oleh pendengar. Efek samping yang bisa ditimbulkan, adalah pendengar menjadi cepat bosan mendengarkan iklan yang itu-itu melulu. Karena biaya produksi sebuah iklan radio sangat rendah apalagi jika dibandingkan dengan biaya produksi iklan untuk televisi dan media cetak, tidak ada ruginya jika iklan radio yang frekwensi pemutarannya cukup tinggi atau perode penyiarannya cukup lama, bisa dibuat dalam beberapa versi.
tips ini bisa buat tips beriklan di blog enggak mas 😀
tips ini bisa untuk tips beriklan di blog enggak mas?
Prinsip2nya yang perlu di tambahkan:
01. Apa Prinsip dan Tujuan beriklan di Radio (selain murah).
02. Pakailah juga prinsip A.I.D.A. (Attention, Interest, Desire, Action)
03. Perhatikan dan berilah sentuhan ART dlm membuat Iklan.
04. Radio harus bisa membuat personifikasi product.
Terimakasih.
Bram Antareja
bagaimana cara bikin spot iklan yang seolah-olah tervisualisasi walaupun hanya melalui rangkaian kata-kata. Thanks 🙂
Bang gimana cara buat spot u/ promosi/iklan radio
thanks
GMN CR PLNG DSR BUAT IKLAN RADIO BOZZ
SOFTWARE APA YG COCOK UNTK MENG EDIT
Mhn invormasi agency yg bs membantu membuat iklan,urgent.terima ksh
tolong kasih contoh kata-katanya dung..aku butuh bngt,..pliizzz,.
thanks atas infonya…
”LINK SERBA SERBI”