18
Sep
08

membuat iklan di radio

Sampai hari ini, biaya memasang iklan di radio masih yang paling murah dibandingkan dengan beriklan di televisi dan media cetak. Dengan budget yang tidak jauh berbeda, biaya untuk memasang satu spot iklan di televisi atau memasang satu iklan display di media cetak bisa digunakan untuk memasang berkali-kali penyiaran di radio.

Selain biaya yang lebih rendah, di Indonesia, terutama di daerah, radio masih bisa menjangkau lebih banyak telinga jika dibandingkan dengan televisi dan media cetak.

Kelemahannya, iklan radio tidak bisa memunculkan visualisasi dari produk yang diiklankan secara langsung. Yang bisa dilakukan adalah membangun visualisasi produk dalam theater of mind pendengar melalui penyampaian data yang deskriptif.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar iklan yang kita produksi bisa lebih efektif dalam membantu klien memperkenalkan produknya ke pendengar.

Perlu diingat, spot iklan yang kita buat harus dapat membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan. Berikan mereka sebuah kejutan, bangkitkan rasa keingintahuan pendengar. Gugahlah mereka dengan menggunakan musik, efek suara dan tentunya naskah iklan yang tepat.

Apa yang harus dilakukan agar naskah kita lebih efektif dalam menyampaikan pesan?

01. Identifikasikan brand / merk yang dipromosikan di awal iklan

02. Sebisa mungkin lakukan variasi pengulangan deskripsi brand / merk agar tidak membosankan

03. Sampaikan manfaat, keuntungan dan keistimewaan produk di awal iklan

04. Lakukan variasi pengulangan benefit produk sesering mungkin 

Begitu pendengar mulai tergugah, sampaikan pesan-pesan promosi dengan cara yang personal, seperti saat kita sedang berbicara dengan rekan kita. Libatkan pendengar, buat mereka tertarik dan terhibur.

Salah satu keunikan dan kekuatan beriklan di radio adalah kemungkinan untuk melakukan pemutaran iklan sesering mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa lebih cepat diserap oleh pendengar. Efek samping yang bisa ditimbulkan, adalah pendengar menjadi cepat bosan mendengarkan iklan yang itu-itu melulu. Karena biaya produksi sebuah iklan radio sangat rendah apalagi jika dibandingkan dengan biaya produksi iklan untuk televisi dan media cetak, tidak ada ruginya jika iklan radio yang frekwensi pemutarannya cukup tinggi atau perode penyiarannya cukup lama, bisa dibuat dalam beberapa versi.


11 Tanggapan to “membuat iklan di radio”


  1. September 18, 2008 pukul 3:57 pm

    tips ini bisa buat tips beriklan di blog enggak mas 😀

  2. September 18, 2008 pukul 3:58 pm

    tips ini bisa untuk tips beriklan di blog enggak mas?

  3. Oktober 23, 2008 pukul 8:51 am

    Prinsip2nya yang perlu di tambahkan:

    01. Apa Prinsip dan Tujuan beriklan di Radio (selain murah).
    02. Pakailah juga prinsip A.I.D.A. (Attention, Interest, Desire, Action)
    03. Perhatikan dan berilah sentuhan ART dlm membuat Iklan.
    04. Radio harus bisa membuat personifikasi product.

    Terimakasih.
    Bram Antareja

    thanks tambahannya mas Bram!

  4. Februari 16, 2010 pukul 8:12 pm

    bagaimana cara bikin spot iklan yang seolah-olah tervisualisasi walaupun hanya melalui rangkaian kata-kata. Thanks 🙂

  5. 5 ibnu
    Februari 21, 2010 pukul 10:46 am

    Bang gimana cara buat spot u/ promosi/iklan radio
    thanks

  6. 6 ALFAN
    Maret 22, 2010 pukul 11:12 pm

    GMN CR PLNG DSR BUAT IKLAN RADIO BOZZ

  7. 7 ALFAN
    Maret 22, 2010 pukul 11:16 pm

    SOFTWARE APA YG COCOK UNTK MENG EDIT

  8. 8 dian puspasari
    November 3, 2011 pukul 10:25 pm

    Mhn invormasi agency yg bs membantu membuat iklan,urgent.terima ksh

  9. November 28, 2011 pukul 5:38 pm

    tolong kasih contoh kata-katanya dung..aku butuh bngt,..pliizzz,.


Tinggalkan Balasan ke ALFAN Batalkan balasan


B r o a d c a s t o l o g y

JANGAN ASAL COPY - PASTE



Berbagai karya di blog, boleh-boleh saja dikutip atau dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemiliknya, atau paling tidak menyebutkan sumbernya: RadioClinic dot com. Terimakasih.

The copyright of the articles in this blog is owned by Alex Santosa. Permission to republish in print or online must be granted by the author in writing.

Creative Commons License
Hak cipta blog ini dilindungi oleh Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 United States License.

B e z o e k e r s


tracker

S t a t

  • 574.947 hits

R a d i o p i n i

A r c h i v e s